Selasa, 07 Juni 2011

Bersyukur

Bersyukur adalah rasa terimakasih dan pengharapan yang mendalam atas pemberian entah bagaimanapun bentuk dan rupanay. Banyak hal yang mungkin sudah sering  anda dengar bahwa kita harus bisa bersyukur dalam hidup ini. Bersyukur sama halnya kita mampu melihat karya Tuhan yang telah terjadi dalam hidup ini. Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah kapan, dimana, dan bagaimana kita bersyukur? Apakah hanya pada saat senang anda bersyukur atau bagaimana? Ini merupakan pertanyaan yang mungkin sering kali kita pertanyaankan dalam hidup ini. Sebenarnya bersyukur itu kapanpun dapat kita lakukan dan dimanapun, karena bersyukur bukan suatu bentuk hal yang dibatasi oleh waktu dan ruang. Mungkin jika kita melihat, saat ini, bahwa kebanyakkan orang sulit untuk bersyukur, apalagi jika orang tersebut mengalami yang namanya permasalahan. Jika anda melihat,orang bersyukur itu karena mendapatkan suatu berkat yang besar atau segala keinginannya tercapai. Sebenarnya hal seperti ini sangatlah salah dan tidak pantas dilakukan, apalagi kita sebagai orang Kristen yan telah diselamatkan dan ditebus oleh Tuhan. Memang bersyukur pada saat mengalami kesulitan itu bukanlah hal yang sangat gampang dilakukan, apalagi jika masalah yang dihadapi tersebut terlalu sulit. Sebenarnya hal seperti ini orang sangat sulit bersyukur karena kebanyakkan dari mereka hanya melihat masalah tersebut dari sisi negative dan pemahaman meraka sendiri. Tetapi ketika orang seseorang melihat permasalahan itu dari sisi positif maka ia mampu mengucapakan syukur kepada Tuhan. Karena kita takkan berhasil dengan menggerutu dan berkeluh kesah. keberhasilan datangnya dari usaha, sedangkan kita berusaha jika kita melihat sisi positif dari sesuatu yang ingin kita perjuangkan.
Oleh karena itu Bersyukurlah dalam segala hal karena hanya dengan bersyukur sisi positif akan tampak di pandangan kita. Kita dikirim ke bumi untuk diuji. Harus ada pertentangan dalam segala hal. Kita di sini untuk belajar serta tumbuh melalui pertentangan itu, dengan mengatasi tantangan, dan dengan mengajar orang lain untuk melakukan hal serupa. Karena makna dari bersyukur itu adalah mau menerima segala pemberian yang telah di dapatkan dengan rasa ikhlas. Maka dari pada itu bersyukurlah senantiasa, baik buruknya keadaan ayng kita alami saat itu. Bersyukur itu juga merupakan respon kita akan segala anugerah yang kita terima. Seperti yang dikatakan dalam I Tesalonika 5: 18 “mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus”. Jadi mengucap syukur itu juga merupakan perintah Tuhan bagi kita semua. Dan mengucap syukur itu hal yang paling dikehendaki Tuhan dalam hidup kita semua. Dimana ketika kita ada didunia ini hendaklah ucapan syukur selalu kita panjatkan kepada Dia sebagai ucapan terimakasih kita kepada Dia. Maka dari pada itu hendaklah hidup kita ini dipenuhi dengan ucapan syukur apapun bentuk yang kita terima dari Dia baik itu senang ataupun susah. Dan kiranya ucapan syukur itu kita jadikan sebagai gaya hidup kita sebagai orang Kristen.

2 komentar:

  1. Bisa ngga kita belajar mengucap syukur untuk hal-hal yang terjadi dalam hidup kita, tetapi hal-hal itu tidak kita senangi?
    Seperti kemalangan, kegagalan, dll...?
    Senang ngga senang...ya harus mengucap syukur.
    Tuhan maunya begitu.
    GBU, Selv...!

    BalasHapus
  2. ya karena bersyukur adalah perintah Tuhan dan ketika kita bersyukur berarti kita mampu melihat karya Tuhan yang ada didalam diri kita

    BalasHapus